KITA BELAJAR DENGAN BERTINDAK

Belajar adalah menemukan
apa yang sudah Anda ketahui.

Melakukan adalah memeragakan 
bahwa Anda mengetahuinya.

Mengajar adalah mengingatkan
orang-orang lain bahwa mereka 
mengetahuinya sebaik Anda

Anda adalah pelajar, pengajar, guru.

Baru beberapa tahun yang lalu aku mulai memainkan selo. 
Kebanyakan orang akan mengatakan dengan begitu saja bahwa yang sedang aku lakukan adalah "belajar untuk memainkan" selo.
Namun kata-kata ini memasukkan gagasan aneh ke dalam benakku, bahwa ada dua proses yang sangat berbeda: (1) belajar memainkan selo; (2) memainkan selo.
Perkataan orang-orang itu menyiratkan bahwa aku akan menjalani yang pertama sampai selasai, dimana aku akan mengakhiri proses pertama dan memulai yang kedua.
Pendeknya, aku akan maju dari "belajar untk memainkan" sampai "pandai untuk memainkan" dan kemudian baru benar-benar mulai memainkan itu. Memang ini omong kosong.
Sesungguhnya yang ada bukanlah dua proses, melainkan satu proses.
Kita belajar melakukan sesuatu dengan sekaligus melakukannya.
Tidak ada cara lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANGELS

MENARA DOA KOTA KLATEN

IHKLAS